Latest Post

TUNIK KEKINIAN ABAYA Tips Memilih Ekspedisi Pengiriman Barang yang Tepat

Ibu dan aktris Zee Zee Shahab berbagi tips agar putranya tidak mager alias malas bergerak selama berada di rumah. Selama pandemi Covid-19, putra pertamanya, Fauzi Khaleev Putra Revolusi, 8 tahun, menjalani pembelajaran jarak jauh. Zee Zee Shahab juga mengurus anak keduanya, Lucky Keriym Putra Revolusi yang kini berusia 3 tahun.

“Aku sering mengajak anak untuk selalu aktif bergerak dengan olahraga walaupun hanya di rumah saja,” kata Zee Zee Shahab dalam jumpa daring “Peluncuran Nestlé Milo Less Sugar tanpa Gula Pasir” pada Kamis, 11 November 2021. Cara mengajak anak-anak tetap bergerak adalah dengan memberikan tantangan.

“Ada challenge ke anak-anak. Aku bilang, kalau makan apapun yang manis-manis, maka harus ada kegiatan fisik atau olahraga,” katanya. Artinya, jika ingin menyantap makanan yang disukai, maka anak juga mesti bergerak supaya kalori berlebih dari makanan dapat tersalurkan menjadi energi.

Zee Zee Shahab membebaskan Khaleev untuk memilih olahraga kesukaannya. Namun demikian, dia melanjutkan, orang tua juga jangan malas bergerak. “Jangan suruh anak-anak olahraga, tetapi orang tuanya diam saja,” ujarnya.

Mengenai asupan nutrisi untuk anak, Zee Zee Shahab mengatakan, mereka akan mengikuti apa yang dikonsumsi oleh orang tuanya. Zee Zee Shahab dan Prabu Revolusi misalkan, memilih makan buah untuk camilan dan boleh snacking hanya sesekali saja. Akhirnya, anak-anak juga terbentuk dengan pola konsumsi yang sama.

Khaleev misalkan, menurut Zee Zee Shahab, tidak suka minuman selain air putih dan susu. Khaleev juga tak suka makan permen, minum teh atau minuman kekinian seperti kopi, boba, dan ngemil cokelat.

“Dia tidak suka (makanan dan minuman tadi) karena tidak dikenalkan sejak kecil,” ujarnya. “Jadi kembali kepada orang tua, seperti apa pola asuh yang diterapkan.”

Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Sri Wahyuningsih mengajak anak-anak untuk bergerak dan berolahraga. “Jangan jadi generasi rebahan. Jangan terlalu lama melihat laptop atau gadget sehingga tidak bergerak,” ujarnya pada kesempatan yang sama.

Sri mendorong para orang tua menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada anak-anak sejak dini. “Mari kita mengedukasi anak-anak dengan makan sehat, mengurangi kadar gula, tetap bergerak, sehingga asupan makanan yang masuk seimbang dengan energi yang keluar,” katanya. “Ketika badan sehat, maka kita punya semangat, optimistis, belajar, dan berinteraksi.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.