Latest Post

TUNIK KEKINIAN ABAYA Tips Memilih Ekspedisi Pengiriman Barang yang Tepat

TEMPO.CO, Jakarta –

Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia, sebagaimana disebutkan dalam laman Indonesia Baik. Kopi menyukai daerah tropis. Beberapa daerah di Indonesia merupakan tempat yang sangat cocok untuk tumbuh dan berkembangnya kopi. Salah satu daerah penghasil kopi terkemuka adalah Lampung. Kopi lampung popular di kalangan pecinta kopi.

Kopi Lampung mempunyai tekstur yang halus dan rasa pahit yang kuat. Kopi ini juga diperkaya dengan sedikit aroma coklat. Lampung mempunyai beberapa jenis kopi lagi yang terkenal. Rasanya juga beragam. Simak 10 jenis kopi Lampung ini menurut laman Kopimat, yuk!

Kopi jenis ini diproduksi dari biji kopi liwa yang ditanam dan dirawat di pegunungan Liwa. Proses pengolahannya menggunakan Teknik roasting dengan menggunakan teknologi tinggi. Oleh sebab itu, kopi liwa memiliki kualitas dan cita rasa yang ciamik. Harganya di pasaran berkisar antara Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Kopi Robusta Lampung Semut punya karakter yang unik: ukuran biji kecil-kecil. Kopi ini dijual di pasaran kisaran harga di bawah Rp 40 ribu per kilogram.

Jenis kopi Super Robusta Lampung Finest Robusta ini punya rasa yang pekat, diperkaya pula dengan aroma coklat serta rempah-rempah. Tingkat keasaman kopi Super Robusta Lampung Finest Robusta juga lebih rendah ketimbang jenis kopi Lampung lainnya. Kopi jenis ini dijual di pasaran dengan harga mulai Rp 20 ribuan hingga ratusan ribu.

Kopi satu ini kerap disebut juga dengan kopi lanang atau kopi jantan. Kopi ini disebut-sebut dapat meningkatkan vitalitas kaum pria. Itulah mengapa kopi ini disebut sebagai kopi jantan. Bentuk biji kopi Kultur Coffee Beans Robusta tunggal dan bulat. Biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 40 ribuan hingga ratusan ribu.

Kopi ini sudah dikenal sejak 50 tahun silam. Aroma kopinya segar. Harga kopi cukup terjangkau, berkisar pada harga Rp 50 ribu.

Kopi Merah punya aroma yang lembut dan harum. Cita rasanya pun lebih ringan. Pembuatan kopi diproses secara higienis, sehingga membuatnya masuk ke dalam kategori kopi grade 1. Kopi merah biasa dijual di pasaran dengan harga di bawah Rp 50 ribu.

Kopi jenis ini dikenal sebagai kopi tertua di Lampung, sudah mulai ada sejak tahun 1950-an. Kopi ini punya rasa dan aroma yang khas. Meskipun dapat dengan mudah ditemukan di mana saja, namun kemasan kopi ini dijaga agar aroma dan cita rasa kopi tetap harum dan nikmat.

Ini kopi kelas premium. Bijinya diolah dengan telaten untuk menjaga kualitasnya. Biji kopi dipanen dengan tingkat kematangan medium, dark roast dengan kehalusan bubuk yang terjaga. Oleh sebab itu, rasa dan aroma kopi ini kuat. Harganya Rp 30 ribuan untuk satu kemasan.

Jenis kopi robusta lampung ini adalah yang paling populer. Rasanya lebih kuat. Kopi diolah dari biji dengan kualitas terbaik. Harga kopi ini biasanya mencapai Rp 20 ribu per 300 gram.

Jenis kopi Lampung terakhir ialah kopi Bubuk Robusta Lampung Brazica. Kopi ini diolah dari biji kopi pilihan oleh petani yang berpengalaman. Kopi ini memiliki rasa seperti karamel dan nutty yang lebih daripada kopi lain. Harga kopi Bubuk Robusta Lampung Brazica di pasaran berkisar Rp 40 ribu untuk satu kemasan.

ANNISA FEBIOLA | EK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.