Latest Post

6 Fakta Penting Bayi Baru Lahir yang Harus Diketahui Kiat Renovasi Rumah Tanpa Mengosongkannya

Fitur penghapusan di WhatsApp memungkinkan pesan terkirim bisa dihapus lagi dari perangkat pengirim, selama pesan tidak lebih dari 60 menit. Mungkin berguna untuk si pengirim, tapi fitur ini hanya akan membangkitkan rasa penasaran si penerima pesan yang sudah terhapus itu tanpa sempat membacanya.

Nah, buat si penerima pesan, tersedia beberapa solusi untuk memungkinkannya menggali kembali isi pesan yang sudah dihapus tersebut. Solusi itu berupa mengunduh aplikasi pihak ketiga. Ada yang mengharuskan mengizinkan aplikasi itu untuk bisa mengakses isi WhatsApp, tapi ada juga yang tidak.

Contoh dari cara yang kedua itu tersedia dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga bernama WAMR: Recover Deleted Messages & Status. Aplikasi bisa diunduh dari Google Play Store dan disetel untuk menangkap notifikasi, seperti WhatsApp, Telegram, dan Instagram. Setelah selesai, aplikasi akan menanyakan jumlah izin untuk menangkap notifikasi

Setelah semuanya diatur, pengguna akan dapat menemukan semua notifikasi yang masuk, termasuk yang dihapus di dalam antarmuka WAMR. Jika pengguna mengaktifkan unduh otomatis untuk file media, aplikasi ini juga dapat mengambilnya.

Setelah WAMR mulai merekam, semua pesan yang dihapus dapat dilihat di antarmuka aplikasi, dikategorikan berdasarkan jendela obrolan individual, seperti layar utama WhatsApp.

Untuk menampilkan pesan yang sudah dihapus itu, WAMR hanya memerlukan akses ke notifikasi pengguna. Memberikan akses notifikasi memungkinkan aplikasi untuk memulihkan pesan yang dihapus tanpa mencoba masuk ke akun WhatsApp pengguna yang mengundang risiko pemblokiran akun.

Setelah pengguna memberikan akses notifikasi, aplikasi pada dasarnya dapat mengawasi notifikasi yang masuk, dan apa pun yang pernah dikirim ke ponsel pengguna melalui WhatsApp akan ditangkap. Setelah ditangkap, bahkan jika ada sesuatu yang dihapus dari pengirim, aplikasi menggunakan data cache untuk menampilkan pesan yang dihapus itu.

WAMR juga dapat menyimpan file media yang dihapus termasuk foto yang masih akan terlihat setelah pengirim menghapusnya. Namun, fitur ini memerlukan pengunduhan media otomatis untuk ‘Aktif’ di perangkat pengguna.

Namun, perhatikan juga bahwa karena berfungsi dengan menangkap notifikasi yang masuk di ponsel, WAMR tidak akan dapat menangkap pesan kalau pengguna tidak mendapatkan notifikasi. Ini termasuk obrolan individu atau grup yang telah disenyapkan di WhatsApp.

INDIAN EXPRESS | INDIA TODAY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.