Latest Post

TUNIK KEKINIAN ABAYA Tips Memilih Ekspedisi Pengiriman Barang yang Tepat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengklaim pemerintah terus melakukan negosiasi dengan masyarakat ihwal pengembangan Taman Nasional Komodo dan sekitarnya. Ia menyebut proyek pemerintah itu akan mengedepankan lingkungan hidup.

“Negosiasi dan diskusi terus kami jalankan dengan masyarakat setempat. Kami menekankan bahwa pembangunan ini mengedepankan keberlangsungan lingkungan hidup dan dilakukan secara hati-hati,” ujar Sandiaga dalam jawaban tertulis seperti dikutip pada Selasa, 10 Agustus 2021.

Pengembangan pariwisata Taman Nasional Komodo serta kawasan Labuan Bajo terus diprotes masyarakat dan aktivis lingkungan hingga memperoleh perhatian dari UNESCO. UNESCO dalam sidangnya pada Juli lalu memutuskan Pemerintah Indonesia harus melakukan revisi amdal dan menyetop sementara proyel pembangunan infrastruktur.

Penghentian dilakukan sampai revisi amdal itu diserahkan kepada UNESCO. Sandiaga menjelaskan pemerintah akan segera menyerahkan revisi amdal pada Agustus hingga September 2021.

Adapun ihwal penataan taman nasional dan kawasan pariwisata di sekitar Labuan Bajo, ia memastikan pemerintah memiliki tujuan. Salah satunya meminimalisasi interaksi antara wisatawan dengan fauna di TN Komodo.

12 Selanjutnya

“Sehingga komodo dan satwa liar lainnya tidak terganggu dan aktivitas ekowisata berkualitas dapat berjalan,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengimbuhkan, dalam pengembangannya, Kementerian akan memaksimalkan kekuatan budaya serta konten lokal yang otentik. Pemerintah akan mendorong inkubasi berbagai kegiatan kreatif, seperti seni pertunjukan, seni musik, seni tari, fashion, juga kuliner, yang mengikut-sertakan komunitas-komunitas lokal.

Dia menjamin pemerintah akan melibatkan masyarakat dalam pengembangan kawasan pariwisata di Nusa Tenggara Timur itu. Pemerintah, kata Sandiaga, bakal memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat agar pembangunan tersebut memberikan dampak ekonomi.

“Intinya kami ingin melibatkan masyarakat untuk ikut serta merasakan dampak ekonomi yang dapat menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Labuan Bajo dan sekitarnya, khususnya yang berada di sekitar TN Komodo,” kata Sandiaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.