Latest Post

6 Fakta Penting Bayi Baru Lahir yang Harus Diketahui Kiat Renovasi Rumah Tanpa Mengosongkannya

Nutrisi yang seimbang berperan penting untuk tumbuh kembang anak. Sayangnya, anak-anak berusia di bawah lima tahun sangat selektif terhadap makanan, jadi ada kemungkinan mereka kehilangan komponen nutrisi yang dibutuhkan.

Jika makanan tak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, mereka perlu mendapatkan suplemen tambahan. Berikut beberapa nutrisi yang penting untuk pertumbuhan anak, seperti dilansir Times of India.

1. Protein

Sejak tahun-tahun awal masa bayi hingga remaja, protein merangsang pertumbuhan fisik dan mental anak yang bermanfaat untuk tubuh dan pikiran yang lebih kuat. Protein berfungsi membangun jaringan seperti otot, kulit, dan tulang.

Anak-anak membutuhkan lebih banyak protein selama masa pertumbuhan mereka. National Academies of Science, Amerika Serikat, mencatat bahwa anak usia 1-3 tahun harus mendapatkan setidaknya 13 gram sehari, anak berusia 4-8 tahun harus mendapatkan setidaknya 19 gram sehari, dan anak berusia 9-13 tahun harus mendapatkan setidaknya 34 gram sehari.

2. Pentingnya lemak sehat

Makanan kaya lemak sehat juga sangat penting. Tambahkan buah zaitun, kacang-kacangan, alpukat, dan makanan laut yang menyediakan asam lemak esensial dan vitamin E dalam menu harian anak. Jika sulit memberikan lemak sehat, berikan susu tanpa tambahan gula. Minuman ini memiliki rasa manis yang ideal bagi anak-anak untuk membantu mereka tumbuh dengan baik.

3. Aktivitas fisik

Libatkan anak dalam banyak aktivitas fisik sejak tahun pertama kehidupannya. Kegiatan seperti menari, skating, bersepeda, dan berenang, tidak hanya akan membantu mereka untuk tumbuh secara fisik tetapi juga mental.

Selain itu, batasi penggunaan gawai. Anak-anak sekarang sangat sering berhubungan dengan gadget yang membatasi perkembangan otak dan membuat tubuh malas bergerak. Daripada bermain gawai, ajak mereka dalam kegiatan asah otak dan membaca buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.