Latest Post

TUNIK KEKINIAN ABAYA Tips Memilih Ekspedisi Pengiriman Barang yang Tepat

Denyut aktivitas di destinasi wisata tak berhenti totol selama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Di Yogyakarta, masih ada kegiatan yang dapat dilakukan di destinasi wisata tertentu. Memang bukan buat pelesiran, namun cukup menyegarkan mata dan menyehatkan. Kegiatan itu adalah vaksinasi Covid-19.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mempersiapkan sejumlah destinasi wisata sebagai sentra vaksinasi untuk mempercepat pencapaian vaksinasi Covid-19, terutama bagi para pelaku usaha pariwisata. Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, Singgih Rahardjo mengatakan, wilayah yang sudah dibidik adalah Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunungkidul.

“Untuk destinasi wisata di Kabupaten Kulon Progo masih kami jadwalkan untuk menjadi sentra vaksinasi,” kata Singgih pada Sabtu, 24 Juli 2021. Pada Juli ini, Singgih merinci, di Kabupaten Sleman berlangsung vaksinasi Covid-19 di destinasi Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark pada Jumat, 23 Juli 2021 dan Tebing Breksi pada Sabtu, 24 Juli 2021.

“Peserta vaksinasi Covid-19 di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark sebanyak 600 orang dan di Tebing Breksi 350 orang,” katanya pada Sabtu siang. Selanjutnya pada 28 Juli 2021, vaksinasi Covid-19 akan bergeser ke destinasi wisata di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul.

Di Kabupaten Bantul, vaksinasi Covid-19 akan berlangsung pekan depan di destinasi wisata Pinus Sari Hutan Mangunan dan di Kabupaten Gunungkidul bertempat di Geosite Ngingrong. “Targetnya seribu orang,” kata Singgih. Vaksinasi Covid-19 untuk pelaku usaha pariwisata sejatinya sudah dimulai sejak akhir Juni dan awal Juli 2021. Saat itu, sebanyak 2.324 orang pelaku wisata di sepanjang pantai selatan, Kabupaten Bantul, mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Dari 2.324 pelaku usaha pariwisata itu, sebanyak 620 orang berasal dari kawasan Pantai Parangtritis, Mancingan, dan Pantai Parangkusumo. Sebanyak 520 pelaku wisata dari Pantai Depok, Laguna Depok, Cemoro Sewu, dan Gumuk Pasir. Kemudian 661 pelaku wisata dari kawasan Pantai Baros, Pengklik, Samas, Pandansimo, dan Goa Cemara. Juga 523 orang pelaku wisata dari Pantai Cangkring, Kuwaru, Pantai Baru, dan Pandansimo.

Adapun di Kota Yogyakarta, vaksinasi Covid-19 untuk pelaku usaha pariwisata sudah berlangsung lebih awal, yakni di Benteng Vredeburg dan halaman parkir Kebun Binatang Gembira Loka pada awal Juli 2021. “Kami mempercepat vaksinasi untuk pelaku wisata sehingga kelak saat pariwisata siap, mereka juga aman dan nyaman menyambut wisatawan,” ujar Singgih.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Harry Sukmono mengatakan, ada empat destinasi wisata yang digunakan sebagai sentra vaksinasi Covid-19 sepanjang Juli 2021. “Di Gua Maria Tritis, Pantai Ngobaran, Heha Ocean View, dan kawasan wisata South Shore,” kata Harry. Selanjutnya pada 28 Juli 2021, vaksinasi Covid-19 akan berlangsung di kawasan Goa Ngringrong.

Harry melanjutkan, pemerintah tak punya target berapa banyak destinasi wisata yang akan menjadi sentra vaksinasi karena mempertimbangkan stok vaksin yang tersedia. “Yang penting bagaimana vaksinasi Covid-19 ini bisa menjangkau sebanyak mungkin pelaku usaha pariwisata dan masyarakat umum,” katanya.

Harry mendorong agar pelaku usaha pariwisata dan kalangan swasta dapat menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Mengenai syarat-syarat lokasi yang bisa dijadikan sentra vaksinasi, menurut dia, yang penting tersedia sarana protokol kesehatan dan bisa menerapkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.