Latest Post

7 Panduan Orang Tua Memilih Kursus Renang Baby Swimming Keuntungan Belajar Front End Intensif di Hacktiv8

Baik itu makan di luar bersama teman di restoran maupun makan bersama keluarga di rumah, Kamu tetap perlu menjaga cara makan yang benar di meja makan. Etika makan yang benar juga bisa bermanfaat bagi kesehatan dan menjaga agar tetap kenyang. Seperti apa pengaturan makan yang benar? Berikut ini akan dijelaskan secara lebih lengkap.

Bagaimana Cara dan Pengaturan Makan yang Benar?

Etika makan yang benar bisa membentuk ikatan dalam hubungan. Hal ini berdampak pada hubungan sosial atau profesional. Maka dari itu, cara makan yang benar merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan, terlebih lagi saat Kamu mengajari anak etika makan yang baik.

Dengan mengajari anak tata krama yang benar, Kamu ibarat memberi bekal untuk membantu mereka untuk menjalin interaksi sosial hingga dewasa nanti. Menurut riset dalam jurnal Sociology, perilaku yang baik mempersiapkan anak untuk jadi orang dewasa yang sabar, percaya diri, dan cakap yang bisa menjalankan perannya di masyarakat.

Berikut ini merupakan sejumlah cara makan yang benar dan etika makan yang baik.

Mencuci tangan dan membersihkan wajah

Kita umumnya mengenal mandi sesudah makan, tetapi coba ubah kebiasaan Kamu dan anak-anak untuk mandi sebelum makan malam. Hal ini tidak cuma menunjukkan rasa hormat kepada orang yang menyiapkan makanan serta orang lain di meja makan, tetapi juga adalah kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan.

Hal serupa berlaku saat makan di luar rumah, yaitu dengan membiasakan mencuci tangan sebelum makan. Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 dan merebaknya varian virus corona. Cuci tangan bisa membersihkan kuman yang menempel di telapak tangan, seperti virus dan bakteri, sehingga bisa mencegah penyebaran penyakit infeksi.

Tidak makan terburu-buru

Sekalipun Kamu tengah lapar atau ingin segera mencoba makanan yang disajikan, jangan pernah makan terlalu cepat. Selain itu, makan terlalu cepat bisa mengakibatkan lebih mudah gemuk.

Sebaiknya makan dengan kecepatan sedang sehingga orang lain yang makan bersama Kamu bisa menyelesaikan makanan mereka pada waktu yang sama. Sesudah selesai, sejajarkan peralatan makan Kamu di piring sebagai tanda Kamu usai menyantap makanan.

Hindari mengecap saat makan

Pada beberapa kesempatan makan di luar, Kamu mungkin tidak sadar bahwa tengah mengunyah sampai timbul suara mengecap. Ini merupakan sesuatu yang perlu dihindari saat makan dengan orang lain. Pasalnya, ini sesuatu yang dilakukan banyak orang dengan cara tidak sengaja.

Mengunyah dengan mulut tertutup mungkin akan sulit bagi anak yang masih sangat kecil. Maka dari itu, mungkin perlu beberapa tahun bagi anak Kamu untuk bisa mengunyah dengan baik. Bersabarlah saat mengajari anak Kamu untuk mengunyah dengan mulut tertutup dan tidak mengecap.

Tidak memakai ponsel saat makan

Etika makan berikut ini tidak cuma berlaku bagi anak-anak tetapi juga orang dewasa. Saat berada di meja makan, sebaiknya matikan atau singkirkan ponsel dari meja makan. Hal ini bertujuan supaya tiap orang bisa berinteraksi satu sama lain saat makan atau tidak sibuk dengan ponsel masing-masing.

Selain itu, riset dalam jurnal Maternal & Child Nutrition menyebut bermain ponsel saat makan mengakibatkan seseorang jadi lebih banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak.

Itulah tadi beberapa aturan makan yang benar dan perlu untuk diterapkan. Sehingga dengan menggunakan aturan-aturan di atas tentu cara makan yang didapat malah lebih tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *