Latest Post

Cara Melacak Nomor HP Dengan Mudah Jangan Asal, Ini Cara Memilih Rak Penyimpanan yang Tepat

Membuat CV ATS friendly dan surat lamaran kerja kini lebih mudah dengan SuratPlus. ATS (Applicant Tracking System) adalah perangkat lunak yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk menyaring CV pelamar kerja. Agar CV Anda lolos seleksi awal ini, pastikan untuk menggunakan format sederhana, tanpa grafis atau tabel yang rumit.

Sertakan kata kunci yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, dan gunakan bahasa yang jelas serta ringkas. SuratPlus menyediakan template CV dan surat lamaran kerja yang telah dioptimalkan untuk ATS. Anda hanya perlu memasukkan informasi pribadi dan pengalaman kerja Anda ke dalam template yang sudah tersedia.

Cara Membuat CV yang ATS Friendly

CV ATS friendly dirancang agar mudah dibaca oleh perangkat lunak penyaring CV. Dengan format yang sederhana dan penggunaan kata kunci yang tepat, CV Anda memiliki peluang lebih besar untuk lolos seleksi awal. Ini berarti CV Anda akan dilihat oleh perekrut dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan wawancara.

Bagi Anda yang belum memahami atau belum memiliki pengalaman dalam membuat CV ATS, tidak perlu khawatir. Saat ini, SuratPlus menawarkan fitur generator terbaru, yaitu generator CV ATS yang bisa digunakan oleh semua kalangan dengan sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat CV ATS friendly menggunakan SuratPlus:

Kunjungi Situs SuratPlus

Langkah pertama adalah mengunjungi situs SuratPlus. Di situs ini, Anda akan menemukan berbagai alat dan sumber daya untuk membantu Anda membuat CV yang profesional dan ATS friendly.

Buat Akun atau Masuk

Jika Anda belum memiliki akun di SuratPlus, buatlah akun baru. Jika sudah memiliki akun, Anda bisa langsung masuk menggunakan kredensial Anda.

Isi Data Diri dan Pengalaman Kerja

Setelah masuk, mulailah mengisi semua data yang diperlukan. Pastikan Anda menggunakan data terbaru dan valid sesuai dengan posisi yang ingin Anda lamar. Beberapa data yang perlu diisi antara lain:

  • Informasi pribadi
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman kerja
  • Keterampilan yang relevan
  • Sertifikasi atau pelatihan yang pernah diikuti

Pilih Template CV ATS

Setelah selesai mengisi semua data yang diperlukan, Anda bisa memilih template CV ATS yang Anda inginkan. SuratPlus menyediakan berbagai pilihan template yang sudah dioptimalkan untuk ATS. Anda hanya perlu klik tombol “Pilih Template” dan memilih template yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Unduh dan Periksa CV Anda

Setelah memilih template, Anda bisa langsung mengunduh CV Anda. Sebelum mengirimkan CV ke perusahaan, pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang telah diisi. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan dan semua data sudah sesuai

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Dengan menggunakan generator surat online dari SuratPlus, Anda tidak perlu khawatir tentang format dan isi surat yang tepat. Semua langkah telah dioptimalkan untuk memudahkan Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat surat lamaran pekerjaan hanya dalam lima menit.

Klik Tombol “Mulai Buat Surat”

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs SuratPlus dan klik tombol “Mulai Buat Surat” yang ada di bagian paling atas halaman. Tombol ini akan mengarahkan Anda ke halaman generator surat.

Isi Informasi dengan Data yang Benar

Setelah diarahkan ke generator surat, Anda akan diminta untuk mengisi berbagai informasi yang diperlukan. Pastikan Anda mengisi data dengan benar dan lengkap. Informasi yang biasanya diminta meliputi:

  • Nama lengkap
  • Alamat
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Nama perusahaan yang dituju
  • Posisi yang dilamar
  • Pengalaman kerja dan pendidikan

Mengisi informasi ini dengan benar sangat penting untuk memastikan surat lamaran Anda profesional dan relevan dengan posisi yang dilamar.

Klik Tombol “Selanjutnya”

Setelah semua data terisi dengan benar, klik tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Generator surat akan mengolah data yang telah Anda masukkan dan menyusun surat lamaran kerja berdasarkan informasi tersebut.

Periksa Isi Surat

Pada langkah ini, Anda akan diberikan kesempatan untuk meninjau isi surat yang telah dibuat. Periksa kembali semua informasi untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau data yang keliru. Pastikan surat Anda memiliki format yang baik dan isi yang jelas. Surat lamaran kerja yang baik biasanya terdiri dari:

  • Paragraf pembuka yang menjelaskan tujuan surat
  • Paragraf kedua yang menjelaskan kualifikasi dan pengalaman Anda
  • Paragraf penutup yang mengajak untuk wawancara dan memberikan informasi kontak

Klik Tombol “Download”

Jika sudah yakin bahwa surat lamaran kerja Anda sudah benar, klik tombol “Download” untuk mengunduh surat lamaran kerja Anda. Surat lamaran akan tersimpan dalam format yang siap untuk dikirimkan ke perusahaan yang Anda lamar.

Itulah ulasan cara membuat CV ATS dan surat lamaran kerja menggunakan SuratPlus. SuratPlus memudahkan Anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar tanpa harus pusing memikirkan format dan isi surat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat surat lamaran kerja yang profesional dan meningkatkan peluang Anda diterima di perusahaan impian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *