Latest Post

Cara Melacak Nomor HP Dengan Mudah Jangan Asal, Ini Cara Memilih Rak Penyimpanan yang Tepat

Sering dianggap sepele, rak penyimpanan ternyata merupakan salah satu perabot yang cukup penting. Fungsi utama rak ini adalah untuk menyimpan berbagai benda-benda agar mudah ditemukan dan tertata dengan rapi. Dengan begitu, ruangan pun bisa menjadi lebih apik dan nyaman.

Rak penyimpanan sendiri bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari rak penyimpanan buku, sepatu, arsip dan dokumen, hingga peralatan makan dan dapur.

5 Cara Memilih Rak Penyimpanan

Nah, terdapat beberapa cara memilih rak penyimpanan sehingga dapat berfungsi dengan lebih optimal.

  • Sesuaikan ukuran rak dengan ruangan

Tips pertama dan sangat penting adalah untuk menyesuaikan ukuran rak dengan ruangan. Jangan sampai rak terlalu besar sehingga memakan begitu banyak ruang dan membuat ruangan menjadi terasa sempit. Jika rak terlalu kecil padahal ruangan cukup besar juga dapat membuatnya berfungsi tidak maksimal.

Maka dari itu, kamu bisa mengukur ruangan dan memastikan ukuran rak terlebih dahulu sebelum membelinya. Pastikan ukuran cukup proporsional sehingga terlihat pas untuk diletakkan di ruangan.

  • Tentukan rak penyimpanan sesuai fungsinya

Sebelum membeli rak, kamu sebaiknya menentukan penggunaan dan fungsinya. Misalnya, apakah kamu mencari rak buku atau rak menyimpan peralatan dapur. Dengan begitu, kamu bisa menentukan model, bahan, dan ukuran yang tepat.

Misalnya saja, rak sepatu atau rak buku tentunya memiliki model dan spesifikasinya masing-masing. Selain itu, rak penyimpanan dapur atau kabinet dapur biasanya juga memiliki modelnya sendiri yang telah disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya. Misalnya, sekat untuk menyimpan piring atau tambahan laci untuk menyimpan sendok dan garpu.

  • Pilih bahan dan material yang berkualitas

Sangat penting untuk memilih rak penyimpanan berdasarkan bahan dan material yang berkualitas. Terdapat banyak jenis material dasar rak penyimpanan, mulai terbuat dari kayu, besi, hingga plastik. Kamu tinggal memilih rak sesuai dengan kebutuhanmu.

Misalnya, jika kamu hendak mencari rak penyimpanan untuk buku atau dokumen penting, sebaiknya kamu mencari rak yang terbuat dari bahan yang kokoh dan berkualitas seperti alumunium atau baja. Dengan begitu, buku dan dokumen dapat terhindar dari risiko lapuk, basah atau, rayap. 

Nah, kalau kamu mencari rak untuk pajangan atau hiasan, kamu bisa memilih rak yang terbuat dari bahan kayu, plastik, atau kaca.

  • Sesuaikan dengan desain interior ruangan

Meski sering terabaikan, tapi penting untuk memilih model rak penyimpanan yang sesuai dengan desain interior ruangan. Selain itu, jika kamu hendak meletakkan rak di dapur atau ruang makan, kamu juga bisa membuatnya serasi dengan meja & kursi makan sehingga ruangan tampak lebih estetik.

Kamu juga bisa memilih model rak sesuai preferensi pribadi. Entah itu rak yang terbuka, tertutup, serta rak dengan tutup kaca atau plastik yang transparan. 

  • Pastikan ukuran dan kapasitas rak penyimpanan

Setiap rak penyimpanan pastinya memiliki ukuran dan kapasitasnya masing-masing. Jangan sampai kita menyimpan barang melebihi kapasitas rak tersebut, karena dapat membuatnya berfungsi tidak optimal atau bahkan berisiko membuat rak cepat rusak atau jebol.

Apalagi jika rak diletakkan di dinding. Mengisi rak melebihi kapasitasnya dapat berisiko membuat rak jatuh karena tidak mampu menopang kapasitas barang di dalamnya, lho.

Itu dia beberapa cara memilih rak penyimpanan yang tepat. Pastikan juga kamu membeli rak yang sesuai dengan budget kamu, ya. Masih bingung mencari rak penyimpanan terbaik? Kamu bisa cek Dekoruma, karena terdapat berbagai pilihan perabot berkualitas dan berkelas. Jadi, sudah siap berburu rak penyimpanan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *