Latest Post

Pentingnya Logo Bagi Sebuah Perusahaan Manfaat Serta Keunggulan E-Payment

Saat ini perkembangan bisnis tidak hanya berbasis offline tetapi juga menuju online. Hal ini tidak dapat dihindari karena arus teknologi yang semakin canggih. Salah satu teknologi yang dapat memajukan bisnis online adalah dengan adanya e-payment atau yang sering disebut dengan pembayaran elektronik.

Apa itu E-Payment?

E-payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan internet sebagai perantaranya. Dalam dunia bisnis, banyak e-commerce bahkan toko online yang menggunakan e-payment sebagai sistem pembayarannya.

Dengan sistem pembayaran online, penjual atau pembeli tidak perlu melakukan transaksi secara manual sehingga pembayaran lebih cepat, praktis, dan aman. Itulah sebabnya pembayaran online lebih diminati daripada sistem pembayaran tunai atau langsung.

Kenyamanan, keamanan, dan kemudahan menjadi alasan mengapa e-commerce memanfaatkan e-payment. Lalu, apa saja manfaat dari e-payment?

Manfaat e-payment

  1. Efisiensi Waktu

Ini adalah keuntungan utama dari internet. Dengan adanya internet, Anda hanya membutuhkan sinyal yang kuat untuk melakukan transaksi. Jadi Anda tidak perlu keluar rumah hanya untuk mengirim tagihan. Dan, Anda hanya perlu menunggu di rumah untuk menerima pembayaran.

  1. Fleksibel

Sistem e-payment memungkinkan Anda bertransaksi tanpa mengenal batas waktu. Bisa dilakukan kapan saja, termasuk hari libur. Bahkan, Anda melakukannya di mana saja.

  1. Jaminan Keamanan Transaksi

Inilah alasan utama mengapa pemilik bisnis dan pelanggan lebih suka menggunakan pembayaran elektronik. Jaminan keamanan transaksi. Sistem pembayaran seperti ini biasanya menggunakan sistem pendeteksi penipuan. Jadi, tidak akan ada pencurian atau penipuan.

Jika ada transaksi yang mencurigakan, sistem akan memberi tahu pengguna. Dalam sepersekian detik, sistem akan memblokir sehingga keamanan transaksi pengguna benar-benar akan terjaga.

  1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Keamanan, daya tanggap, dan kenyamanan yang ditawarkan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu rasa nyaman. Ketika Anda sebagai pelaku UMKM mampu memberikan pelayanan yang cepat, apalagi dengan tingkat penerimaan dan pengiriman pembayaran yang mudah, maka timbullah tingkat loyalitas.

Jika loyalitas pelanggan menguat, yang terjadi selanjutnya adalah tingkat penjualan produk meningkat.

Keunggulan E-payment

  1. Biaya Terkendali

Banyak pengguna yang merasa terbantu dengan hadirnya e-payment. Salah satunya adalah mampu mengontrol biaya yang dikeluarkan. Tidak bisa disangkal bahwa saat membawa uang tunai, keinginan untuk bertransaksi pun semakin sering terjadi. Oleh karena itu, dengan pembayaran elektronik seperti ini, setidaknya pengguna bisa memahami batasan pengeluaran.

  1. Pembayaran Lebih Mudah

Apa yang menyebabkan orang berduyun-duyun dari satu layanan ke layanan lainnya? Salah satunya ialah kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan dalam layanan tersebut. Jadi, pembayaran elektronik saat ini, dengan kecepatan yang mereka miliki, dapat menyelesaikan transaksi seperti jentikan tangan.

  1. Pengurangan Resiko

Saat semua orang beralih ke layanan online maka yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengelola keamanannya? Nah, e-payment sudah terbukti bisa mengendalikan segalanya. Segala bentuk penipuan atau pencurian dapat direduksi oleh sistem.

Ini tidak dapat dilakukan dalam layanan offline. Sistem yang dimiliki pembayaran elektronik mampu mendeteksi dengan lebih cepat. Jadi, pengguna dapat mengidentifikasi apakah transaksi tersebut benar-benar sah atau tidak.

E-payment penting bagi nasabah dan pemilik UMKM. Dengan segala keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan, nasabah akan lebih sering bertransaksi dengan pemilik UMKM. Apalagi jika didukung dengan keamanan transaksi yang prima.

Jadi, agar bisnis Anda berkembang, Anda juga bisa menggunakan layanan payment gateway yang bisa membantu Anda melakukan pembayaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.