Latest Post

Mari Memahami Diversifikasi investasi Tambang Nikel di Pulau Obi Sebagai Penghasil Bahan Utama untuk Baterai Kendaraan Listrik

Rumah yang sudah lama ditinggali, lambat laun akan mengalami kerusakan sehingga membutuhkan perbaikan. Selain mempersiapkan anggaran untuk belanja bahan bangunan, saat merenovasi rumah Anda juga harus memikirkan tempat tinggal sementara.

Tapi sebenarnya bisa nggak sih melakukan renovasi rumah tanpa harus pindah? Kalau bisa, bagaimana caranya? Nah, simak yuk penjelasan selengkapnya!

Kiat Renovasi Rumah Tanpa Pindah

Sebelum memperbaiki rumah, pastikan Anda sudah melakukan berbagai persiapan, salah satunya memikirkan tempat tinggal sementara karena rumah yang dipugar pasti menimbulkan debu dan kotoran yang mengganggu kenyamanan. Namun agar menghemat budget, sebenarnya Anda tetap bisa lho menempati rumah tersebut selama masa perbaikan, berikut hal-hal yang bisa dilakukan yaitu:

●      Kerjakan Bagian Berdasar Tingkat Kerusakannya

Bagian rumah yang rusak parah sebaiknya diperbaiki terlebih dulu dibanding bagian lain yang tidak begitu mendesak. Alasannya untuk menjaga keamanan penghuni karena bagian yang rusak membahayakan siapapun yang tinggal di situ.

●      Sediakan Satu Ruangan Serbaguna

Tips berikutnya yang dapat Anda coba agar bisa merenovasi rumah tanpa pindah yaitu mempersiapkan satu ruang serbaguna yang bisa ditempati sementara selama proses perbaikan berlangsung.

Saat satu area sudah selesai diperbaiki maka perbaikan bisa pindah ke ruangan atau bagian yang lain.

●      Pasang Keramik dari Dalam

Tak hanya renovasi akan kerusakan, pekerjaan bangunan juga dilakukan saat pemiliknya ingin mempercantik rumah, salah satunya dengan pemasangan keramik.

Jika ingin memasang keramik, sebaiknya mulai dari dalam, misalnya kamar mandi, dapur dan beranjak ke ruangan lain ke arah luar. JIka sebaliknya, bisa-bisa debu keramik berhamburan dan lebih sulit dibersihkan.

●      Renovasi di Musim Kemarau

Lakukan renovasi di musim kemarau agar selama proses tidak terganggu hujan yang bisa turun kapan saja. Selain lebih nyaman, tentu musim kemarau tidak mendatangkan potensi bahan bangunan terkena air hujan yang bisa menurunkan kualitasnya.

●      Gunakan Bahan Bangunan Siap Pakai

Anda bisa menggunakan bahan bangunan siap pakai agar lebih minim debu serta memakan durasi waktu yang lebih singkat sehingga renovasi lebih cepat selesai.

●      Selektif saat Memilih Tukang

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya agar waktu yang dipakai untuk renovasi tidak begitu lama ialah selektif saat memilih tukang atau tenaga bangunan. Cari berdasarkan rekomendasi yang bisa dipercaya.

Kenyataannya, tidak sedikit drama yang bisa terjadi akibat salah memilih tukang. Bahkan beberapa tukang bangunan memiliki karakter pemalas yang mengulur-ulur pekerjaan agar durasi kerja semakin panjang yang berdampak pada banyaknya honor yang bisa mereka terima.

Saat memperbaiki rumah tentu Anda ingin selesai sesuai standar agar bisa lekas ditinggali dengan nyaman. Beberapa pekerjaan konstruksi memang membutuhkan waktu yang lama karena dibutuhkan hitungan yang cermat serta kerapihan yang perlu dijaga, namun dalam kasus tertentu bisa molor akibat karakter oknum tukang yang kurang gesit.

●      Miliki Komunikasi yang Baik

Tak sedikit kasus antara mandor, tukang dan pemilik rumah yang bisa menimbulkan kekecewaan karena pekerjaan yang tidak beres. Misalnya nih, pemasangan saluran air yang tidak rapat sehingga menyebabkan kebocoran.

Nah, agar terhindar dari hal tersebut, disarankan agar Anda mampu membangun pola komunikasi yang baik agar Anda dapat menyampaikan maksud Anda secara tepat. Penting untuk dilakukan, pantau setiap progress pekerjaan renovasi rumah agar saat terjadi kekeliruan bisa segera diperbaiki sehingga tidak menyebabkan kesalahan fatal.

Nah, itulah beberapa kiat yang dapat diperhatikan saat Anda berencana merenovasi rumah tanpa harus pindah. Seperti yang telah disebutkan dalam poin di atas, pemilihan bahan konstruksi bangunan dapat berdampak pada waktu pengerjaan menjadi lebih singkat.

Anda dapat menggunakan semen SCG PCC dengan keunggulannya yaitu semen memiliki tekstur halus, rendah penyusutan serta memiliki daya rekat tinggi sehingga akan mempersingkat waktu pengerjaan renovasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *