Latest Post

7 Panduan Orang Tua Memilih Kursus Renang Baby Swimming Keuntungan Belajar Front End Intensif di Hacktiv8

Kaca spion memegang peranan penting, terutama dalam menjaga keselamatan sesama pengendara di jalan raya. Kaca spion motor yang lepas tentu sangat berbahaya, apalagi saat motor dibawa dalam kondisi sempit, kaca spion bisa lepas dan menimpa pengendara lain di belakang. Sepeda motor yang tidak memakai kaca spion, tentunya juga menjadi sasaran polisi, terutama saat razia. Simak cara memperbaiki spion motor yang longgar di artikel ini.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kaca Spion Motor yang Longgar?

  1. Kencangkan kaca spion dengan kunci inggris

Seringkali penyebab utama spion bisa longgar adalah karena gagang spion kendor dan tidak menempel di stang motor. Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengencangkannya kembali dengan kunci inggris. Putar ke kanan untuk mengencangkan, namun perhatikan juga agar tidak terlalu kencang saat memutarnya.

  1. Ganjal dengan ban motor

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah memblok spion dengan karet ban motor. Lepas kaca spion lalu masukkan ban karet sedikit dengan tujuan agar karet tersebut bisa mencegah spion kendor. Karet mempunyai sifat kasar yang membuat spion tidak cepat kendor.

  1. Gunakan lem super

Jika spion motor Anda tidak menggunakan baut, maka Anda bisa menggunakan lem super sebagai solusinya. Teteskan sedikit lem super pada sisi cermin yang lepas dan diamkan selama 10-15 menit. Hasilnya spion tidak longgar lagi dan dijamin spion tidak akan copot saat motor dibawa dengan kecepatan tinggi.

  1. Panaskan lubang cermin

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan tidak ada yang berhasil, maka cara terakhir adalah memanaskan lubang cermin. Tujuannya agar lubang cermin menjadi lunak dan saat itulah Anda memasukkan cermin. Dijamin saat lubang spion sudah mengeras kembali, spion tidak lagi longgar.

Tips Agar Spion Tidak Longgar

  1. Bawalah sepeda motor dengan hati-hati

Maksudnya disini adalah hati-hati saat berjalan di jalan yang tidak rata, motor jangan sampai over gas. Jika motor menabrak keras ke permukaan jalan yang tidak rata, kemungkinan besar spion akan mengendur bahkan jatuh. Ban sepeda motor Anda juga kemungkinan akan bocor.

  1. Rawat motor secara rutin

Pastikan juga Anda rutin membawa motor ke bengkel setiap 3 bulan sekali tergantung intensitas pemakaian. Tujuannya agar motor selalu dalam kondisi prima, jika ada komponen yang perlu diperbaiki atau diganti bisa segera dilakukan.

  1. Kencangkan kaca spion setiap 2 bulan sekali

Mengencangkan spion adalah tindakan pencegahan yang paling efisien dan mudah dilakukan. Jika Anda rutin mengencangkan spion, maka kemungkinan spion kendor bisa semakin kecil. Gunakan kunci pas untuk mengencangkan cermin.

Cara Mengatasi Kaca Spion Lepas

Bukan hanya cara mengatasi spion motor yang longgar saja yang perlu Anda ketahui. Namun, Anda juga harus bisa memperbaiki jika komponen tersebut lepas. Banyak hal yang sering membuat spion tersebut terlepas. Ketika masalah ini terjadi, Anda harus menggunakan metode yang tepat.

Jangan hanya memasukkan atau mengembalikan spion. Anda perlu tahu apa sebenarnya yang perlu dilakukan agar tidak merusaknya. Cara yang tepat untuk mengatasi spion motor yang lepas bahkan tidak rata adalah dengan memanaskan bagian belakangnya. Ambil spion yang terlepas lalu panaskan bagian belakang. Anda bisa menggunakan korek api.

Namun, Anda perlu ingat untuk tidak meleleh. Panaskan sampai lunak dan Anda bisa memasukkan kembali cermin ke dalam lubang. Amankan dengan baut untuk memastikan posisi aman dan kokoh. Cara ini cukup aman dan mudah dilakukan. Jadi saat spion tiba-tiba lepas, jangan buru-buru membawanya ke bengkel.

Anda dapat menggunakan cara ini untuk membuat spion berfungsi secara optimal. Kaca spion pun jangan sampai lepasatau kendor. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar komponen sepeda motor kembali berfungsi. Apalagi mata-mata yang perannya cukup vital.

Saat Anda mengalami masalah spion kendor atau lepas, sebaiknya jangan panik. Anda bisa menggunakan cara mengatasi spion motor yang lepas dengan cepat dan hemat biaya.

Saat kondisi kendaraan sudah prima, pastikan Anda juga pergi berkendara dengan perlengkapan riding yang aman dan nyaman. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan perlengkapan riding seperti kacamata riding dari EIGER Adventure Official.

Baca juga Mobil Mogok di Jalan, Lakukan Hal Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *