Latest Post

7 Panduan Orang Tua Memilih Kursus Renang Baby Swimming Keuntungan Belajar Front End Intensif di Hacktiv8

Kesulitan dalam mengatur keuangan menjadi permasalahan umum yang seringkali dihadapi oleh pasangan muda baru menikah. Kondisi itu wajar mengingat ketika orang baru menikah mereka harus bisa menyesuaikan kembali dalam menjalani hidup bersama-sama termasuk mengatur keuangan. Terlebih lagi pengelolaan keuangan yang tidak benar bisa memicu pertengkaran antara suami istri. Oleh karena itu agar hal tersebut tidak terjadi maka perlu melakukan pengelolaan uang secara benar. Lantas bagaimana cara mengatur keuangan bagi pasangan muda yang baru menikah itu?.

Tata Cara Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda yang Baru Menikah

Mengatur keuangan bagi pasangan muda yang baru menikah bukanlah perkara sulit asalkan keduanya sudah mengetahui beberapa tipsnya. Adapun beberapa tips mengatur keuangan untuk pasangan muda yang baru menikah seperti berikut ini.

  • Membuat Kesepakatan

Cara pertama mengatur keuangan untuk pasangan yang baru menikah bisa dilakukan dengan  membuat kesepakatan pembagian pengeluaran bulanan. Misalnya jika keduanya sama-sama bekerja rincilah seluruh pengeluaran yang bersifat pokok maupun primer, setelah itu bisa membaginya berdasarkan pendapatan masing-masing. Contohnya Seorang istri memiliki tanggung jawab untuk membayar konsumsi listrik, internet dan air. Sedangkan suami berkewajiban untuk membayar cicilan mobil atau KPR rumah. Dalam hal ini untuk kesepakatan pembagian pengeluaran bulanan itu bisa didiskusikan sebelum menikah, setelah menikah atau menjelang menikah.

  • Melakukan Pencatatan Anggaran Bulanan

Bagi pasangan suami istri muda yang baru menikah sangat disarankan untuk mencatat anggaran bulanan. Hal itu dikarenakan mencatat anggaran bulanan memiliki tujuan agar nantinya keuangan di dalam rumah tangga kondisinya selalu sehat dan tepat sasaran. Dalam hal ini sebaiknya setelah mendapatkan gaji segeralah untuk membuat pencatatan pengeluaran secara benar sebelum membelanjakannya. Untuk mempermudah pencatatan anggaran bulanan bisa membaginya ke dalam pos-pos. Contohnya pada pos keinginan bisa menuliskan rincian biaya pengeluaran untuk jajan dan pembelian pakaian, kemudian di post extra bisa menuliskan detail pengeluaran untuk biaya tak terduga seperti membeli kado, servis kendaraan dan kesehatan.

  • Membuat Rekening Khusus

Dalam hal ini untuk mempermudah pencatatan tabungan dan pengeluaran, Anda dengan suami bisa membuat rekening khusus. Setelah rekening khusus itu dibuat bisa langsung menentukan siapa yang berhak menarik dan mentransfer uang dari tabungan tersebut. Biasanya seorang istri lah yang lebih mendominasi terkait pembiayaan dan pengeluaran. Letakkan semua pengeluaran bulanan pada rekening khusus. Lalu hindarilah  memakai rekening khusus tersebut untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

  • Membelanjakan Uang untuk Barang yang Penting Saja

Ketika sedang melakukan belanja bulanan, pastikan barang-barang yang dibeli itu merupakan kebutuhan utama dan dibutuhkan. Dalam hal ini untuk menghindari sifat konsumtif ketika sedang belanja bulanan bisa dilakukan dengan cara membuat terlebih dahulu rinciannya di rumah. Untuk menghemat pengeluaran bulanan jangan ragu juga membeli produk-produk yang sedang diskon. Namun ketika membeli produk yang sedang diskon pastikan terlebih dahulu bahwa barang itu memang dibutuhkan dan memiliki sifat jangka panjang.

  • Rajin Melakukan Evaluasi

Pastinya seiring berjalannya waktu Anda dan pasangan akan mengalami kendala terkait perencanaan keuangan. Agar nantinya bisa meminimalisir konflik sebaiknya lakukan evaluasi secara rutin. Selain itu kegiatan evaluasi ini juga memiliki fungsi agar nantinya sistem keuangan di dalam keluarga tetap berada pada jalur yang benar. Untuk waktu evaluasinya sendiri bisa dilakukan minimal 1 bulan sekali. Lakukan juga analisis apabila terjadi pembengkakan keuangan pada pos-pos tertentu. Perlu diingat bahwa perencanaan keuangan yang dilakukan bersama dengan pasangan itu harus bisa menciptakan kenyamanan dan menyenangkan.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara mengatur keuangan untuk pasangan suami istri muda yang baru menikah. Di samping itu untuk melindungi risiko finansial di masa mendatang juga bisa dilakukan dengan cara mengikuti asuransi kesehatan keluarga Prudential yang memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh untuk Anda dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *