Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Mahasiswi IPB, Data Polri Dibobol, Gerhana Bulan

Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari Kampus IPB University. Seorang mahasiswinya ditemukan tewas di kebun percobaan yang biasa digunakan untuk praktikum atau penelitian. Diduga kematian karena gigitan ular berbisa dan kampus meminta mahasiswanya yang lain untuk lebih berhati-hati.

Artikel yang kedua adalah diumbarnya data pribadi dan kredensial milik Polri oleh hacker di media sosial. Dalam salah satu link yang disertakannya, data yang dibocorkan memuat sejumlah besar nama dan identitas anggota polisi beserta jenis pelanggaran yang dilakukan.

Terpopuler ketiga adalah artikel menuju Gerhana Bulan Sebagian pada Sabtu 19 November 2021 atau besok. Menjadi gerhana dengan durasi terpanjang di abad ini, fenomena hanya akan bisa dinikmati atau diamati di sebagian wilayah Indonesia.

Berikut Top 3 Tekno Berita Hari Ini, Kamis 18 November 2021, selengkapnya

1. Mahasiswi Diduga Tewas Digigit Ular di Kebun Percobaan, IPB: Lebih Berhati-hati

IPB University membeberkan kasus kematian satu mahasiswinya di Kebun Percobaan Cikabayan, Kampus Dramaga, Bogor. Dinyatakan bahwa mahasiswi itu ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa, Rabu 17 November 2021.

Dalam keterangan tertulis yang dibagikan Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Drajat Martianto, kematian diduga akibat gigitan ular berbisa. “Setelah mendapatkan laporan, pihak kampus IPB dan kepolisian sektor Dramaga langsung membawa korban ke RSUD Ciawi untuk dilakukan autopsi,” tulis Drajat seperti dikutip dari ANTARA.

Martianto menyampaikan turut prihatin atas kejadian tersebut dan menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga si mahasiswi. Ia menambahkan permintaan kepada mahasiswa lainnya yang sedang melakukan penelitian maupun praktikum di lapangan untuk lebih berhati-hati.

2. Data Anggota Polri Bocor, Dibobol Hacker dari Brasil?

Peretas (hacker) mengklaim telah membocorkan data milik Kepolisian Republik Indonesia atau Polri. Klaim diberikan akun @son1x666 di Twitter dan diunggah Kamis sore, 17 November 2021. “POLRI-Indonesian National Police Hacked,” serunya.

Dalam salah satu link yang disertakannya, data yang dibocorkan memuat sejumlah besar nama dan identitas anggota Polri beserta jenis pelanggaran yang dilakukan. Ada dua tautan lain yang disertakan, yang masing-masing harus diunduh sebesar 10,27 MB.

“Bocoran ini berisi informasi personal dan kredensial dari para pekerja Polri dan orang-orang yang terlibat bersama Polri,” bunyi catatan yang diberikan di akun itu.

3. Gerhana Bulan Sebagian Besok Terbit Langsung Gerhana, Catat Jamnya

Gerhana Bulan Sebagian pada Sabtu besok, 19 November 2021 tergolong istimewa. Lamanya proses gerhana dari awal sampai selesai akan berlangsung sekitar 6 jam. Di seluruh wilayah Indonesia, bulan purnama yang terbit pada petang hari akan langsung dalam kondisi gerhana.

Gerhana Bulan Sebagian itu secara global bisa diamati dari wilayah Amerika, Eropa utara, Asia timur, Pasifik, Australia, dan Selandia Baru, termasuk Indonesia. Secara keseluruhan, gerhana itu akan berlangsung selama 6 jam 1 menit dan 29 detik.

Namun di wilayah Indonesia, proses Gerhana Bulan Sebagian itu tidak bisa diamati secara penuh dari awal sampai akhir. “Bulan purnama yang juga terbit di timur sudah dalam kondisi gerhana, dan pengamat bisa menikmati sisa proses gerhana,” kata Avivah Yamani, penggiat astronomi di komunitas Langit Selatan Bandung, Kamis 18 November 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.