Latest Post

7 Panduan Orang Tua Memilih Kursus Renang Baby Swimming Keuntungan Belajar Front End Intensif di Hacktiv8

Apakah Anda mengetahui mengenai perbedaan zakat, infaq, dan shodaqah? Jika Anda seorang muslim, maka wajib untuk mengetahui perbedaan kedua hal itu. Namun jika Anda belum mengetahui tidak perlu khawatir, Sebab kali ini kami akan memberikan informasi mengenai perbedaan zakat, infaq dan shodaqoh untuk Anda.

Perbedaan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh

Secara umum zakat ialah harta dari seorang muslim yang harus dikeluarkan dan diberikan kepada golongan-golongan yang berhak untuk menerimanya. Juga harus Anda ketahui bahwa zakat ini termasuk ke dalam rukun Islam yang ke 4. Untuk hukumnya sendiri, zakat ini mempunyai hukum yang wajib dilaksanakan untuk muslim.

Zakat bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yakni zakat fitrah juga zakat mal. Untuk perhitungannya berbeda-beda. Zakat fitrah mempunyai standar ketentuan pembayaran yaitu setara dengan 2,5 kg beras atau 3,5 liter beras.

Shodaqoh merupakan pemberian dari seorang muslim kepada orang lain dengan ikhlas tanpa adanya batasan waktu serta jumlah. Perbedaan zakat dan sedekah yang paling mencolok dari segi hukumnya. Jika zakat hukumnya wajib, maka sedekah hukumnya ialah sunnah.

Anda bisa menemukan perbedaan zakat, infaq, serta shodaqoh dari pengertian serta hukumnya. Jika Anda telah mengetahui tentang zakat dan sedekah yang selanjutnya ialah infaq.

Menurut syariat, infaq ialah mengeluarkan sebagian harta atau penghasilan yang dimiliki untuk suatu kepentingan yang diperintahkan oleh agama Islam. Infaq ini bisa mencakup zakat (wajib) dan bukan zakat (sunnah).

Untuk infaq yang hukumnya wajib seperti kafarat, nazar, zakat, dan lain-lain. Sementara untuk infaq yang sunnah seperti infak kepada fakir miskin, korban bencana, anak yatim piatu, bagi-bagi takjil dan lain sebaginya. Untuk zakat ditunaikan dengan takaran atau nisab, lalu untuk infak tidak demikian.

Jika dilihat infak dan sedekah sulit dibedakan. Namun terdapat perbedaan infaq dan shodaqoh yang harus Anda ketahui. Setidaknya ada beberapa perbedaan infak dan sedekah yang dapat Anda pahami, ialah sebagai berikut:

Dilihat dari pengertiannya, infak ialah kegiatan mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki untuk sebuah kepentingan yang diperintahkan oleh agama Islam. Sementara sedekah ialah sebuah pemberian (harta atau non harta) dari seorang muslim kepada orang lain dengan ikhlas tanpa ada batasan waktu serta jumlah tertentu.

Infak wajib memberikan harta atau uang, sementara sedekah dapat memberikan selain harta. Bahkan bisa hanya dengan memberikan senyuman yang tulus sudah bisa dikatakan sebagai sedekah. Infak hanya terbatas tentang harta, namun sedekah cakupannya sangat luas.

Jika dilihat dari hukumnya, infak atau sedekah tidak terdapat beda. Hal ini diakibatkan kedua merupakan kegiatan tersebut sama-sama bersifat sunnah. Umumnya infaq terdapat perhitungan mengenai berapa yang harus dikeluarkan, sementara sedekah tidak ada perhitungan yang tertentu. Jadi untuk sedekah bebas juga boleh memberi berapapun.

BSI Maslahat ialah mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), ini merupakan Lembaga Pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqah, Wakaf dan Dana Sosial). Sehingga pemanfaatan programnya akan berdampak luas.

Di tahun ini, BSI Maslahat menawarkan campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k misalnya seperti ekonomi, kemanusiaan, pendidikan, masjid dan lain sebagainya.

Sementara goamal.org merupakan platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat, dengan goamal.org Anda dapat berdonasi dengan scan Qris. Selain itu, pembayaran donasi Anda bisa berapa saja, dimana saja, juga kapan saja.

Tentunya dengan adanya Lembaga ZISWAF Amanah dan professional ini akan mempermudah urusan Anda tentang Zakat, Infaq, Shodaqah, Wakaf dan Dana Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *