Latest Post

TUNIK KEKINIAN ABAYA Tips Memilih Ekspedisi Pengiriman Barang yang Tepat

Sering dijumpai nama Korea yang sama seperti Kim dan Jung. Setidaknya bagi penggemar drama Korea atau drakor dan K-pop, nama-nama itu sering dijumpai. Nama yang sama tersebut adalah nama keluarga (marga) di Korea Selatan. Negara yang memiliki 52 juta warga negara ini menarik perhatian karena memiliki distribusi marga yang berbeda dibandingkan negara-negara lain.

Dilansir dari koreascience.or.kr, terdapat perbedaan dalam pemberian nama antara Korea dan negara-negara lain. Perbedaan paling mendasar adalah variasi nama keluarga yang ada dan populasi penggunaan marga. Jika dikomparasikan dengan negara barat, seperti Finlandia memiliki 75.000 marga dan Inggris memiliki 1,45 juta marga. Sedangkan Korea Selatan hanya memiliki 286 marga. Marga ini berdasarkan pengucapan pada bahasa dan huruf Cina. Namun jika sudah diadaptasi dalam huruf Korea (hangeul), maka jumlahnya berkurang menjadi sekitar 180 saja.

Selain jumlah variasi marga, populasi masyarakat yang menggunakan marga juga berbeda. Seperti di Amerika Serikat dan Inggris, marga yang paling sering digunakan adalah Smith. Populasi penggunaan marga Smith ini mencapai sekitar 1 persen. Namun, di Korea Selatan, marga yang paling popular adalah Kim yang dapat digunakan oleh 21,6 persen warga Korea Selatan.

Selain Kim, terdapat marga-marga lain yang menduduki peringkat teratas marga yang digunakan warga Korea Selatan, seperti Lee dengan 14,8 persen, Park dengan 8,5 persen, Choi dengan 4,7 persen, dan Jung dengan 4,3 persen. Secara umum, lima marga ini jika diakumulasikan mencapai 54 persen populasi masyarakat Korea Selatan. Lebih lanjut, 90 persen marga dari masyarakat Korea hanya menggunakan 37 varian marga. Oleh karena itu, terdapat konsentrasi marga yang tinggi di Korea Selatan.

Menurut KOrean Statistical Information Service (KOSIS) pada laman kosis.kr, terdapat tujuh marga terbanyak di Korea Selatan yaitu:

Nama marga Korea ini berbeda dengan negara lain serta memiliki konsentrasi yang cukup tinggi pada marga tertentu. Terlebih bagi Anda penggemar drakor dan K-pop harusnya paham.

JACINDA NUURUN ADDUNYAA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.