Latest Post

7 Panduan Orang Tua Memilih Kursus Renang Baby Swimming Keuntungan Belajar Front End Intensif di Hacktiv8

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Kota Solo selain menjadi tempat berburu batik juga menjadi surga kuliner bagi warga-warga pendatang dari luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Ragam kuliner yang ditawarkan dengan harga yang amat terjangkau tentu menggiurkan bagi semua orang. Mulai dari sosis solo, selat, nasi liwet, gudeg, serabi, soto, hingga tengkleng.

Apabila Anda ingin mencari tengkleng di Solo, maka warung makan yang menjadi rekomendasi banyak orang adalah Warung Tengkleng Klewer Bu Edi yang terletak di Pasar Klewer Solo yang popularitasnya sudah menembus hingga ke daerah-daerah lain. Warung Tengkleng Klewer Bu Edi memiliki alamat lengkap di Pasar Klewer Solo, Gajahan, Jl. DR. Radjiman, Kauman, Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Tapi, sebelum Anda mencicipi tengkleng, Anda perlu tahu dulu bahwa tengkleng adalah masakan berbahan dasar kambing yang dapat banyak Anda temukan di Solo ataupun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tengkleng merupakan masakan sejenis sup yang terkenal karena kuah berwarna kuningnya dan isinya yang dominan diisi oleh jeroan-jeroan kambing seperti usus, otak, mata, telinga hingga pipi kambing. 

Jeroan tersebut kemudian disajikan bersama dengan daging yang masih menempel di tulang belulang kambing. Kembali ke Warung Tengkleng Klewer Bu Edi, warung ini tergolong sebagai warung legendaris di Surakarta/Solo yang telah berdiri sejak tahun 1971, atau tiga tahun setelah Soeharto dilantik menjadi Presiden ke-2 RI. 

Sampai tahun 2024 ini berarti sudah setengah abad warung ini berdiri dengan resep masakan yang diturunkan dari generasi pertama ke generasi ketiga. Tengkleng yang disajikan di Warung Tengkleng Klewer Bu Edi memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan tengkleng-tengkleng lain yang ada di Kota Solo. 

Tengkleng di tempat tersebut disajikan menggunakan pincuk atau wadah yang dibuat menggunakan daun pisang yang dipercaya semakin menambah keharuman dan kelezatan dari tengkleng itu sendiri. 

Dari cara penyajian hingga rasa, sang pemilik saat ini yakni Ibu Tri menyampaikan semuanya dibuat se-otentik mungkin dan diklaim tidak berubah sejak berdiri di tahun 1971 hingga tahun 2024 ini. Tengkleng racikan Ibu Tri memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, seluruh daging dan jeroan juga memiliki keempukan yang pas di mulut.

Kelezatan rasa tengkleng dari Warung Tengkleng Klewer Bu Edi ini juga sempat disorot oleh food influencer kondang asal Indonesia, Nex Carlos di tahun 2019. Nex Carlos memuji gurih dan empuknya tengkleng yang disajikan di warung tersebut. 

Selain Nex Carlos, banyak YouTuber yang juga berbondong-bondong meliput tempat kuliner legendaris tersebut, bahkan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sempat membuat konten video menikmati tengkleng di Warung Tengkleng Bu Edi.

Setiap harinya, Warung Tengkleng Klewer Bu Edi hanya berjualan sekitar 2-3 jam saja, mulai dari pukul 12.00-15.00 WIB. Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi hidangan otentik legendaris khas Solo ini, persiapkan diri Anda untuk menghadapi antrian mengular. Namun Anda juga bisa datang lebih awal untuk menghindari panjangnya antrian di warung tersebut.

Untuk harga, Warung Tengkleng Klewer Bu Edi mematok harga mulai dari kisaran Rp 30-50 ribu. Selain tengkleng, warung ini juga menyediakan beberapa pilihan masakan lain yang tak kalah lezat, seperti tongseng, sate tengkleng, sate kambing, dan nasi goreng kambing.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba atau Anda justru ingin mencari hidden gem kuliner lain yang ada di Solo? Anda bisa mengakses website Indonesia Kaya untuk mencari tahu seputar info kuliner di berbagai daerah di Indonesia yang beberapa di antaranya masih jarang diketahui orang banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *