Mengenal Lebih Jauh Universitas Pertamina

 

Bagi Anda yang saat ini tengah mencari universitas terbaik untuk melanjutkan jenjang pendidikan, maka Anda bisa memilih Universitas Pertamina. Universitas tersebut diresmikan pada tanggal 11 Februari tahun 2016 yang lalu.  Yang mana universitas ini adalah wujud kontribusi dari PT Pertamina pada warga Negara Indonesia.

Hal ini dilakukan dengan melalui penyelenggaraan pendidikan dengan kualitas tinggi. Pendirian dari Universitas tersebut dilakukan dengan semangat untuk menjadi universitas tinggi yang memiliki kualitas terbaik dan berkelas dalam bidang teknologi industri dan bidang bisnis. Dan untuk mengetahui info lebih lengkapnya terkait Universitas tersebut, maka di bawah ini akan diulas secara ringkas.

Bagaimana Informasi Lebih Lengkap Mengenai Universitas Pertamina ?

 

Universitas Pertamina ini dikelola oleh yayasan Pertamina atau Pertamina Foundation yang mana telah mendanai sebesar 300 miliar untuk berbagai macam aktivitas yang berorientasi pada pendidikan serta lingkungan hidup. Aktivitas-aktivitas tersebut meliputi sebuah penelitian serta anugrah desain implementasi, edukasi, tenaga kependidikan serta restorasi lingkungan.

Perlu diketahui bahwa Pertamina Foundation ini lebih meningkatkan fokus terhadap program pendidikan tepat pada tahun 2015. Seperti contohnya disini untuk memperluas cakupan wilayah kerja serta untuk pendanaan program. 

Selain itu juga untuk membangun sistem manajemen program yang memiliki basis teknologi informasi serta merintis pendirian Universitas Pertamina. Universitas Pertamina itu sendiri saat ini mempunyai 6 fakultas serta 15 program studi strata 1. Yang mana beberapa fakultas tersebut antara lain yaitu :

  1. Fakultas Teknologi Industri, dengan Program Studinya meliputi: Teknik Mesin, Teknik Logistik, Teknik Elektro, Teknik Kimia.
  2. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan Program Studinya meliputi: Teknik Geofisika, Teknik Geologi dan Teknik Perminyakan
  3. Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan Program Studinya meliputi: Teknik Lingkungan dan Sipil
  4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan Program Studinya yang meliputi: Ekonomi dan Manajemen
  5. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan Program Studinya meliputi: Hubungan Internasional dan Komunikasi
  6. Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan Program Studinya yang meliputi: Ilmu Komputer dan kimia

Sejumlah fakultas serta program studi yang telah disebutkan di atas didukung oleh para dosen yang merupakan lulusan master dan juga doktor terbaik dari dalam negeri ataupun luar negeri. Setidaknya terdapat 225 tenaga yang meliputi tenaga kependidikan, dosen tidak tetap, teknisi laboratorium dan juga pustakawan. Jumlah tersebut diharapkan nantinya akan terus mengalami peningkatan di tahun-tahun ke depan.

Di dalam peta yang telah dirancang serta disusun, nyatanya Universitas Pertamina yang satu ini akan menjadi sebuah universitas yang masuk dalam Top World University. Agar nantinya bisa mencapai visi tersebut, maka kampus energi ini akan mencoba untuk memenuhi sejumlah kriteria. 

Kriteria-kriteria tersebut meliputi yang pertama menghasilkan para lulusan yang memiliki daya saing tinggi serta mampu untuk menjadi global champion. Dan untuk kriteria yang kedua yakni Universitas Pertamina ini menciptakan produk penelitian serta inovasi yang berkualitas tinggi dan juga bermanfaat bagi kemajuan bangsa. 

Dan yang ketiga yaitu Universitas Pertamina, dimana universitas yang satu ini akan selalu ikut aktif dalam mendiseminasikan hasil-hasil inovasi dan riset ke masyarakat secara luas. Lebih lanjut universitas yang satu ini memiliki tekad dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di Indonesia. 

Salah satu caranya yaitu dengan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa dalam menempuh pendidikan yang cukup terjangkau dan juga berkualitas. Sementara untuk masyarakat yang berasal dari golongan ekonomi lemah, maka nantinya juga tersedia beasiswa khusus yang diberikan untuk mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.