Latest Post

Ketahui Cara Setting Set Top Box dengan Mudah Tanda Bahaya Gejala mata kering Karena Terlalu Banyak Waktu di Depan Layar

Sebagai salah satu pondasi yang sering digunakan pada gedung bertingkat di pulau Jawa, ada banyak sekali kelebihan pondasi raft yang perlu diketahui. Apalagi jika dipadukan dengan bahan bangunan ramah lingkungan, tentu akan membuat rumah atau gedung semakin kokoh.

Hal ini karena pondasi tersebut merupakan satu kesatuan berbentuk plat raksasa dari beton bertulang sehingga mampu meneruskan beban bangunan di atasnya ke dalam tanah keras.

Penggunaannya yang masih di kota-kota besar pulau Jawa juga karena didukung kontur tanahnya memenuhi syarat. Maka tidak heran jika banyak proyek menggunakan pondasi ini karena lebih efisien secara waktu maupun biaya.

6 Kelebihan Pondasi Raft

Pondasi raft, juga dikenal sebagai pondasi pelat atau pondasi plat, adalah jenis pondasi yang digunakan dalam konstruksi bangunan. Pondasi ini biasanya digunakan di daerah tanah lunak atau lempung yang memiliki daya dukung tanah yang rendah.

Jenis pondasi satu ini didesain untuk mendistribusikan beban bangunan secara merata ke seluruh permukaan tanah di bawahnya, sehingga mengurangi risiko pergerakan atau penurunan yang tidak merata.

Ciri utama dari pondasi raft adalah terdiri dari pelat beton besar yang mencakup seluruh area bangunan, baik itu lantai bawah maupun lantai atas.  Pelat beton ini memiliki tebal yang relatif lebih besar dibandingkan dengan pondasi konvensional lainnya, seperti pondasi strip atau pondasi tiang.

Di bawah pelat beton, umumnya ada lapisan tanah pasir atau kerikil yang diperkuat untuk memastikan penyebaran beban dengan baik. Pondasi raft memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang baik dalam beberapa situasi konstruksi. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang kelebihan pondasi raft:

1.     Distribusi Beban Merata:

Pondasi raft didesain untuk mencakup seluruh area bangunan, sehingga beban bangunan didistribusikan secara merata ke seluruh permukaan tanah di bawahnya.

Ini mengurangi risiko terjadinya penurunan atau pergeseran tidak merata, yang dapat mengakibatkan retakan dan kerusakan pada struktur bangunan.

2.     Stabilitas pada Tanah Lunak:

Pondasi ini sangat cocok digunakan di daerah dengan tanah lunak atau lempung yang memiliki daya dukung rendah. Pelat beton besar pada pondasi raft membantu menyebarkan beban dan mengurangi tekanan pada tanah di bawahnya.

3.     Pergerakan Terkontrol:

Karena beban didistribusikan merata, pergerakan bangunan cenderung lebih terkontrol. Hal ini mengurangi risiko keretakan dan deformasi pada struktur bangunan, serta mengurangi perawatan jangka panjang.

4.     Pembangunan Cepat:

Proses konstruksi pondasi raft lebih cepat dibandingkan dengan beberapa jenis pondasi lainnya. Hanya perlu satu lapisan beton besar yang mencakup seluruh area bangunan, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengecoran dan pengerjaan.

5.     Penghematan Material:

Dalam beberapa kasus, pondasi raft dapat menghasilkan penghematan material karena tidak memerlukan banyak tiang penyangga atau batu bata sebagai struktur pendukung. Ini juga bisa mengurangi biaya konstruksi.

6.     Pengendalian Subsiden:

Karena pondasi raft mendistribusikan beban dengan baik, risiko terjadinya penurunan atau subsiden tanah dapat dikendalikan dengan lebih baik. Ini membantu menjaga integritas struktural bangunan dalam jangka panjang.

Namun, perlu diingat bahwa pemilihan jenis pondasi harus didasarkan pada analisis tanah yang akurat dan karakteristik konstruksi karena pondasi raft tidak selalu cocok untuk setiap situasi.

Terdapat pertimbangan teknis seperti kondisi tanah, topografi, dan karakteristik bangunan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan penggunaan pondasi raft.

Agar kelebihan pondasi raft tersebut dapat berjalan secara maksimal, Anda dapat mengkombinasikannya dengan bahan-bahan bermutu dari SCG CBM, seperti:

  1. SCG Beton Instan: Bahan utama ini tersedia dalam berbagai ukuran kekuatan, mulai dari B-0 sampai K-500.
  2. Semen SCG PCC: Semen ini rendah penyusutan sehingga cocok digunakan untuk pengaplikasian beton.
  3. Beton Readymix: Memiliki 3 jenis beton berbeda, yaitu Jayamix by SCG Beton Normal, Jayamix by SCG Beton Concrete, dan Jayamix by SCG Beton Waterproof. Ketiganya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan rumah atau bangunan.

Tunggu apalagi? Rasakan kelebihan pondasi raft untuk bangunan Anda bersama SCGCBM.id!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *