Latest Post

TUNIK KEKINIAN ABAYA Tips Memilih Ekspedisi Pengiriman Barang yang Tepat

James Alan Hetfield atau yang akrab disapa James Hetfield, hari ini genap berusia 58 tahun. Penyanyi yang sukses bersama Metallica ini lahir di Downey, California pada 3 Agustus 1963 silam. Vokalis yang mengidolakan Aerosmith ini sudah malang melintang dengan dunia musik dan membentuk band sejak masih duduk di bangku SMA.

Ia mendapatkan bakat musik dari ibunya, Cynthia, yang menjadi seorang penyanyi opera. Sementara ayahnya, Virgil, adalah seorang supir truk. Masa kecil Hetfield dipenuhi dengan tragedi karena pendidikan yang keras dalam keluarga yang sangat religius membuat Hetfield menjadi “orang luar”.

Lebih lanjut, ia dan ibunya ditinggal ayahnya ketika usia 13 tahun. Bahkan, saat ia duduk di bangku SMA, ia kehilangan ibunya akibat kanker. Hal inilah yang membuatnya menjadi sosok yang pendiam dan pemurung.

Hetfield ketika itu hidup bersama dengan dua saudara tirinya dan seorang adik perempuan. Bahkan ia sering bertengkar dengan adik perempuannya. Sementara itu, hubungan dengan kakak laki-lakinya tidak begitu baik.

“Mereka tidak cukup tua untuk memberi tahu saya apa yang harus dilakukan dan tidak cukup muda untuk memahami apa yang ingin saya dengar, jadi itu adalah posisi tengah yang canggung di sana,” katanya dikutip dari loudersound.com, 3 Agustus 2021.

Hetfield yang duduk di bangku SMA akhirnya bertemu dengan Ron McGovney dan membentuk band setelah bertemu dengan Lars Ulrich. Ketika itu Lars memasang iklan di koran lokal, Reclayer. Menukil buku The Power of Metallica, Lars menuliskan, “Drummer Looking for other metal musicians to jam with Tygers of Pan Tang, Diamond Head and Iron Maiden.”

Pada 1982, formasi pertama Metallica mulai terbentuk dan diisi oleh Hetfield (gitar, vokal, dan bass), Lars Ulrich (drum), Dave Mustaine (lead gitar), dan Lloyd Grant (gitar solo). Ketika itu Hetfield dan anggota Metallica yang lainnya sudah membuat lagu untuk kompilasi Metal Massacre yang berjudul Hit the Lights—lagu ini nantinya dimasukkan kedalam album Kill ‘Em All.

Album pertama Metallica, Kill ‘Em All dibuat pada 1983 setelah diundang John Zazula, pemilik toko musik di New Yor City di awal tahun tersebut. Zazulayang tertarik ketika mendengarkan lagu No Life Til Leather, mengajak mereka merekam album di bawah naungan Megaforce Records. Ditahun ini juga Dave Mustaine dikeluarkan dari Metallica karena kebiasaannya mabuk-mabukan yang sudah tidak terbendung lagi. Kemudian Dave digantikan Kirk Hammett.

Ketika album pertama dibuat, formasi Metallica telah berganti menjadi James Hetfield (vokal dan gitar), Cliff Burton (bass), Kirk Hammett (lead gitar), dan Lars Ulrich (drum). Album yang berisi 10 lagu tersebut awalnya diberi judul Metall Up Your Ass. Dianggap tidak sopan akhirnya judul album diganti menjadi Kill ‘Em All.

GERIN RIO PRANATA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.